PBI gelar kuliah tamu “International Communication ” sebagai bekal mahasiswa PBI hadapi MEA


Seminar, pelatihan atau lokarya merupakan sebuah kegiatan yang sangat penting untuk menunjang standart kompetensi mahasiswa di perguruan tinggi. Hal ini dilakukan untuk membetuk keahlian (skill) dan juga sikap yang positif (soft skill) sehingga dapat mendukung profesionalisme para mahasiswa yang harus diikuti dengan perbaikan sikap (attitude) terutama dalam hal komunikasi. Dengan pemberlakuan program MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) mulai akhir tahun 2015, persaingan dalam dunia kerja akan semakin ketat sehingga para mahasiswa dituntut untuk meningkatkan kompetensi komunikasi mereka baik di tingkat Nasional maupun Internasional.
Berdasarkan permasalahan diatas, maka Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mengadakan kuliah umum dengan mengangkat tema “Komunikasi Internasional “ yang diharapkan dapat meningkatkan soft skill mahasiswa terutama dalam hal komunikasi. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2016 pada pukul di Ruang Seminar Lantai 4 Gedung Rektorat Universitas Muria Kudus mulai pukul 09.00-12.00 WIB. Adapun tujuan dari acara ini adalah untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa PBI akan pentingnya pengembangan kemampuan komunikasi sehingga dapatb menjadi bekal mereka untuk mengahadpi era MEA (Masyarakat Ekonomi Asia).
Acara ini mengahadirkan narasumber dari Deputi Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia yakni Drs. Priyo Ismanto, M.Hum yang disambut hangat oleh para mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan 123 peserta yang sangat antusias karena penyampaian dari narasumber menggunakan pronoucation yang sangat jelas dan tidak sepi dari guyonan yang segar.
Pada sesi tanya jawab, mahasiswa sangat aktif bertanya pada narasumber yang kini menjadi Duta Besar Indonesia untuk Columbia itu, sehingga ada 6 pertanyaan yang diajukan oleh para mahasiswa. Mereka menanyakan tentang interkasi global baik perorangan maupun antar Negara serta permasalahan yang mereka alami. Karena keterbatasan waktu, semua pertanyaan tidak dapat diajukan.

0 komentar:

Post a Comment