iden

Gandeng Perusahaan, Rekrut Alumni UMK di Kampus

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

UMK – Pusat Karir dan Pelacakan Alumni (PKPA) Universitas Muria Kudus (UMK) menyelenggarakan rekrutmen pegawai beberapa perusahaan yang ada di Kudus. Kegiatan yang dilakukan PKPA bertujuan untuk memfasilitasi pencari kerja, terutama alumni (UMK).

Kepala PKPA UMK Farid Noor Romadlon mengatakan, ada tiga perusahaan yang bekerjasama untuk kegiatan on campus recruitment. Yakni PT Bura Barutama, BFI Finance, dan Best Agro International. ”Beberapa sudah dilakukan,” katanya kemarin.

Mereka yang mendaftar memang tidak hanya lulusan dari UMK ssaja, melainkan juga lulusan dari perguruan tinggi lain. Namun untuk lulusan UMK menjadi prioritas, karena sejak awal memang untuk memfasilitasi lulusan UMK.

Dengan kerjasama tersebut, pihaknya bisa mengetahui kebutuhan dari perusahaan, sehingga bisa diinformasikan kepada lulusan UMK. Apalagi ketika memang kebutuhan karyawan sesuai dengan jurusan yang yang ada di UMK.

Untuk PT Pura Barutama ada kebutuhan karyawan untuk ditempatkan di beberapa bagian, staf IT, staf elektronik, smartcard programmer, staf human resource, supervisor produksi hingga bagian admin.

Untuk PT Pura Barutama, ada 351 pendaftar, setelah dilakukan seleksi administrasi, sebanyak 90 peserta dipanggil untuk mengikuti wawancara. ”Proses wawancara dilakukan di kampus langsung,” terangnya.

Sementara untuk BFI Finance, ada 39 pendaftar yang mengajukan. Untuk semua pendaftar sudah dilakukan proses tahapan rekrutmen.

Sementara untuk Best Agro International akan dilakukan proses seleksi pada 20 April 2019. Sampai saat ini sudah ada 54 pelamar yang memasukkan berkasnya. ”Untuk pendaftar memang dibatasi, sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang ada,” imbuhnya.

Dengan proses tersebut, diharapkan mampu menjadi jembatan bagi alumni UMK maupun perusahaan dalam memenuhi kebutuhan karyawan. Alumni UMK yang mungkin belum memiliki pekerjaan juga bisa terserap di dunia kerja.(linfokom)